Keren 24 Puskesmas Di Bogor Punya Alat Untuk Rekam Jantung

Untuik meningkatkan pelayanan kesehatan di kota Bogor, Pemkot menambah jumlah puskesmas yang buka 24 jam jumlahnya pun bertambah menjadi 24 puskesmas dari asalnya 12 puskesmas saja.

Bukan itu saja buat memberikan hasil maksimal ditiap puskesmas akan diisi tiga orang tenaga medis dan khusus ruang inap ditempatkan enam dokter seperti dikutik dari Radar Bogor. dr Rubaeah selaku Kepala Dinas Kesehatan Bogor mengatakan mulai hari selasa tanggal 18/08/2015 masyarakat Bogor bakal dimanjakan sama pelayanan puskesmas yang berupa pelayanan all day.

Wow  24 Puskesmas Di Bogor Punya Alat Untuk Rekam Jantung
image: kompas.com

Untuk mendukung programnya Pemkot melengkapi puskesmas 24 jam dengan laboratorium, pelayanan gigi, dan alat rekam jantung yang biasa disebut elektrokardiografi. Apa fungsi  elektrokardiografi atau EKG? ya ini adalah suatu alat untuk mengetahui ada / tidak adanya kelainan jantung terus bertujuan untuk mengetahui gangguan  irama kerja jantung, serangan jantung, jantung koroner, penebalan otot jantung dan semua yang berhubungan sama aktivitas jantung.

Wow  24 Puskesmas Di Bogor Punya Alat Untuk Rekam Jantung
sumber gambar: wikipedia

Nah kalau sudah tau fungsi Elektrokardiografi ( EKG ) masyarakat Bogor bisa memeriksa jantungnya kalau ada keluhan, tapi buat sekedar medical check up juga bisa. Lagi menurut dr.Rubaeah total puskesmas di kota Bogor 53 unit, yang terbagi 24 puskesmas induk dan 29 puskesma pembantu. Kabar baiknya ada 4 puskesmas yang sudah punya ruang rawat inap diantaranya  Tanah sareal, Pasir Mulia,  Bogor  Utara dan Mekar Wangi. Hebatnya nih ada juga puskesmas yang dilengkapi Obstetri Neonatal Esensial Dasar yang berguna untuk persalinan dan meriksa kandungan. berikut daftar puskesmasnya:
  1. Puskesmas Cipaku
  2. Puskesmas Sindang Barang
  3. Puskesmas Bogor Tengah
  4. Puskesmas Tanah Sareal
  5. Puskesmas Tegalgundil
  6. Puskesmas PAsir Mulia

Wow  24 Puskesmas Di Bogor Punya Alat Untuk Rekam Jantung
sumber: popsugar.com

Dan untuk masalah penyakit menular diharapkan pasien pergi ke puskesmas tanah sareal soalnya memiliki fasilitas lengkap seperti thredmill. Karena Puskesmas di kota Bogor sudah standandar nasional ada beberapa yang dilengkapi konseling tes HIV. Kalau suadah begini masyarakat Bogor ga usah pergi ke rumah sakit langsung sebaiknya pergi dulu ke Puskesmas terdekat.

4 Responses to "Keren 24 Puskesmas Di Bogor Punya Alat Untuk Rekam Jantung"

  1. dengan adanya EKG tersebut semoga dibarengi dengan adanya dokter spesialis jantung atau penyakit dalam, maka dengan begitu kualitas mutu di puskesmas akan semakin baik..

    ReplyDelete
  2. tepat sekali jadi kemajuan dunia kesehatan menjadi merata tidak harus pergi ke rumah sakit kalo di puskesma juga sudah ada

    ReplyDelete
  3. Semoga derajat kesehatan jantung di Bogor khususnya bisa semakin membaik dan masyarakat semakin sadar utk memiliki jantung yg sehat dgn pola makan yg sehat dan OR

    ReplyDelete
  4. Perekam jantung penting banget buat aku karena aku punya masalah lambung? Loh kok nggak nyambung? Hehehee nyambung dong. Karena letaknya yg dekat jantung, dokter nggak mau gegabah mana sakit kumat tiap masuk UGD. Jadi utk memastikan itu benar2 lambungnya yg kambuh, di cek dulu jantungnya.

    ReplyDelete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain