Mitos, Sejarah Dan Keindahan Kebun Raya Bogor

Haduh hampir saja kelewat nih Kebun Raya Bogor sebagai tujuan wisata di Bogor, langsung aja ke sejarahnya Kebun Raya Bogor Pada awalnya adalah bagian dari Samida atau hutan buatan di zaman Sri Baduga Maharaja ( Prabu Siliwangi, 1474-1513 ). Singkat cerita  pada awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik maka terciptalah tempat indah seperti sekarang.

Dari dulu Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata  indah dan  menarik di bogor yang sudah terkenal bagi wisatawan lokal maupun asing. Botanical Garden Bogor nama lain dari kebun raya memiliki luas sekitar 87 hektar punya  koleksi aneka ragam pohon atau tumbuhan lebih dari 15.000 jenis.  Kebun Raya Bogor  ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dari jakarta maupun dari daerah-daerah lainnya apalagi akhir pekan atau hari libur nasional, kebetulan saya pas kesana sekeluarga hari Senin jadi lumayan sepi alasanya biar bisa santai sama anak .

Mitos, Sejarah Dan Keindahan Kebun Raya Bogor

Di sekitar objek wisata ini ada  pusat-pusat keilmuan seperti Museum Zoologi Bogor, Herbarium Bogoriense, dan lain-lain. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor waktu itu 15,000 Rupiah per orang untuk anak dibawah 3 tahun gratis, enaknya harga segitu all in jadi masuk museum ya gratis juga ko tau ya tau dong kebetulan anak saya umur 7 tahunan jadi mending di ajak museum Zoologi biar tau jenis jenis binantang soalnya koleksi disini cukup lengkap. Abis dari museum lanjut ke jembatan merah yang mitosnya konon katanya, jika sepasang kekasih melintasi jembatan ini maka hubungan mereka tidak akan berlangsung lama lucu juga sih waktu itu ada sepasang muda mudi ragu ragu waktu nyebrang, mungkin takut putus kali ya.

Mitos, Sejarah Dan Keindahan Kebun Raya Bogor

Stamina masih mendukung lanjut menelusuri ke area belakang kebun, ada  danau yang indah, lokasinya cukup dekat dengan halaman belakang Istana Bogor, anak saya sempat memberi makan rusa yang ada dibalik pager istana  Bogor, lagi lagi ada mitos, katanya kalau  memancing tanpa izin kepada makhluk yang tidak kasat mata, jangan harap bisa  memancing dengan tenang. Ada juga yang bilang pernah liat penampakan sosok hitam dan besar di area danau itu.

Mitos, Sejarah Dan Keindahan Kebun Raya Bogor

Kira kira jam 3 sore saya sekeluarga keluar, terlepas dari mitos tempat angker  Kebun Raya Bogor memiliki sejarah yang kuat dan keindahan yang menarik didalam kota Bogor. Eh lupa kasih tau kalau mau kesana catat alamat kebun raya bogor berada di jalan Ir. Haji Juanda No. 13 Kota Bogor.

9 Responses to "Mitos, Sejarah Dan Keindahan Kebun Raya Bogor"

  1. Haha, lucu juga tuh. Ada pasangan jadi ragu lewat jembatan merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. termakan mitos mungkin mas renggo

      Delete
  2. kebun raya bogor memang menyenangkan ... asyikkk
    btw .. tempat yang dulu di gali2 oleh salah seorang menteri .... apakah diketemukan barang bersejarah disana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya nihil digali ga ada isinya, cuma beritanya hilang begitu saja

      Delete
  3. kalau jembatan kebun rayanya aja punya certa mitos, apalagi dengan pohon beringin di kebun raya Bogor ya Mba ?

    ReplyDelete
  4. Tempatnya sejuk buat bersantai bareng keluarga :-)

    ReplyDelete
  5. Lihat foto jadi ingat, jembatan merah itu salah satu 'spot wajib foto' ya, dari dulu banget sampai sekarang ini :D

    ReplyDelete
  6. wah bisa jadi bahan refrensi buat jalan-jalan ama temen atau keluarga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mas bagus buat wisata keluarga

      Delete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain