Heboh Pasangan Kekasih di Kota Bogor Harus Test HIV

Baru baru ini  pasangan kekasih di Kota Bogor kalau akan membina rumah tangga harus melakukan Test  HIV, guna mencegah penularan virus yang belum ada obatnya ini.  Pemerintah kota mewajibkan calon pasangan pengantin buat test HIV dulu.

Menurut  Sopian Suri sebagai Kasi Bina Masyarakat (Bimas) Kantor Kementerian Agama Kota Bogor prihatin banyaknya penderita HIV di Bogor, hal ini berdasar data kumulatif tahun 2005 hingga November 2014, tercatat sebanyak 58 balita positif HIV.

Sementara, Januari hingga November 2014, sebanyak 41 dari 5.039 ibu hamil di Kota Bogor terdeteksi positif HIV.


Heboh Pasangan Kekasih di Kota Bogor Harus Test  HIV

gambar ilustrasi: www.health.uml.edu

Semua sudah pada ngerti bahaya HIV dan biasa ditulis satu istilah dengan AIDS tapi ternyata keduanya punya perbedaan. HIV singkatan dari “Human Immunodeficiency Virus”. Virus ini yang dapat menyebabkan AIDS. Kalau terinfeksi HIV, akan dikatakan sebagai HIV positif. HIV , virus ini bakal menyerang sistem kekebalan tubuh  maka timbulah  AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), akibatnya tubuh penderita ga mampu melawan infeksi dan penyakit yang masuk ketubuh. Artinya ada beberapa tahapan atau fase sebelum HIV berubah menjadi AIDS dalam tubuh, selama virus telah masuk ke dalam tubuh maka HIV akan berkembang dengan berbagai proses.

Kenapa calon pengantin harus periksa HIV, soalnya beberapa cara penyebaran virus yaitu dari darah, sperma, cairan vagina dan satu lagi ASI ( Air Susu Ibu ). Kalau salah satu pasangan sudah terjangkit HIV terus melakukan hubungan suami istri, resiko tertular tinngi sekali. Parahnya kalau nanti menyusi anaknya sama juga si anak berisiko tertular. Pada dasarnya penyakit ini memang sangat berbahaya. Bahaya HIV AIDS ga hanya mengancam nyawa penderita sendiri tapi juga orang lain.

Heboh Pasangan Kekasih di Kota Bogor Harus Test  HIV
gambar ilustrasi: wikihow.com

Nah diharapkan adanya program untuk pasangan kekasih yang mau naek pelaminan bisa mencegah hal itu, terus penderita HIV di Kota Hujan bisa terdeteksi. Pemkot bekerja sama dengan KUA untuk mensosialisasikan program tersebut caranya akan ada konselor tiap KUA. Tingginya jumlah penderita HIV AIDS akibat kurangnya pemahaman masyarakat terhadap bahaya virus ini. Tapi jangan takut menurut Sopian Suri hasil test HIV tersebut ga akan dikasih tahu kepada pasanganya soalnya itu sifatnya pribadi dan itupun dilakukan atas persetujuan calon pengantin Pemkot kota Bogor hanya memfasilitasi saja.

6 Responses to "Heboh Pasangan Kekasih di Kota Bogor Harus Test HIV"

  1. Tapi kasihan juga yah udah lama menjalin hubungan, udah rencana mau menikah gagal gara" hasil test ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti mba, hanya itu cara yg menurut saya baik daripada nanti sudah menikah ga ketauan salah satunya ikut tertular dan nasib anaknya pun kelah berisiko terkena HIV

      Delete
  2. Gimana ya ?? Antara setuju dan gak setuju sih.. Hehe :D

    ReplyDelete
  3. ada baiknya, dari pada semakin memperbanyak penderita HIV, kasian juga kalo pasangan dan keturunannya juga menjadi penderita HIV

    ReplyDelete
  4. yang udah nyimpen rahasia lama bisa ketahuan tuh #ehh hehehehe

    ReplyDelete
  5. setuju aja sih, tapi kok kayaknya meragukan calon yaa... hehehe dilema tapi ya penting juga, *halah

    ReplyDelete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain