Keringnya Danau Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini yang berlokasi di Jl. Raya Taman Mini Jakarta Timur masih menjadi primadona tujuan wisata khususnya bagi warga Jabodetabek, tapi wisatawan dari luar daerah juga masih banyak yang datang. Harga tiket yang terjangkau menjadi salah satu alasan warga selalu memadati TMII. Keong mas, istana anak dan museum yang ada di taman mini tetap menjadi pusat perhatian pengungjung.

Tapi satu minggu kebelakang saya kesana untuk sekalian ada acara wisuda  teman di gedung sasana kriya, sambil nunggu saya keliling Taman Mini dan melihat beragam rumah adat atau anjungan dari semua provinsi di Indonesia, karena masih pagi saya coba jalan kaki menuju danau taman mini yang jika dilihat dari atas kereta gantung dengan tiket Rp.40.000 bisa terlihat kepulauan nusantara.

Keringnya Danau  Taman Mini Indonesia Indah

Keringnya Danau  Taman Mini Indonesia Indah

Tapi sayang musim kemarau panjang membuat debit air danau di Taman mini menyusut drastis, bahkan dibeberapa bagian dasar danau terlihat menurut Udin petugas kebersihan yang saya lihat masih termasuk bagus dibanding sebulan kebelakang volume airnya betul betul memprihatinkan. Pengelola juga menggunakan 4 pompa air untuk mengisi danau tersebut. Namun untuk menikmati wisata air seperti naik sepeda  kayuh masih bisa.

Keringnya Danau  Taman Mini Indonesia Indah


Sejarah

Penggagas berdirinya Taman Mini Indonesia Indah adalah Ibu Tien Soeharto dengan  luas kurang lebih 150 hektar, kita dapat mengililingi nusantara  dalam satu hari dengan melihat berbagai anjungan atau rumah dari provinsi yang ada di Indonesia. Dibangun mulai tanggal 30 Juni 1972 dan diresmikan 20 April 1975 oleh presiden RI kedua Soeharto.

Harga Tiket Masuk Taman Mini

Perorangan Normal ( 3 tahun keatas)     Rp. 10.000,-
Mobil     Rp. 10.000,-
Bus/Truk     Rp. 30.000,-
Motor     Rp. 6.000,-
Sepeda     Rp. 1.000,-


Keringnya Danau  Taman Mini Indonesia Indah

Selain keliling nusantara dalam satu hari di TMII juga hadir wahana air yang populer apalagi kalau bukan Snow Bay yang lagi promo. Ada banyak pilihan anda berkeliling objek wisata taman mini yaitu dengan mobil wisata nusantara tarifnya Rp.5.000 anda akan dipandu sopir yang menerangkan sejarah TMII, atau dengan sewa motor sekitar Rp.40.000 selama setengah jam. Ada juga sepeda kayuh yang disewa sebesar Rp.25.000 per 30 menit.

2 Responses to "Keringnya Danau Taman Mini Indonesia Indah"

  1. Sudah lama sekali saya tak berkunjung kesana, seperti apa ya suasana taman mini sekarang?? pasti sudah tambah-tambah waww ya mbak anik.

    ReplyDelete
  2. di taman mini kan ada beberapa danau .... berarti danau2 yang lain juga .... mengering ... mungkin berubah menjadi lapangan kali ya ...

    ReplyDelete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain