Ada Kambing Makan Uang Di Pulau Unik Bungin

Letak Pulau Bungin tepatnya di kecamatan Alas Sumbawa barat, asal muasalnya didirikan oleh pelaut palema  Mayo asal Sulawesi sekitar 193 tahun lalu yang membangun diatas  karang laut yang sudah mati sebagai pondasi rumahnya. Waktu itu, pulau Bungin yang berpasir putih ini masih kosong dan hanya ditumbuhi pohon bakau saja, palema Mayo  adalah salah seorang dari 6 orang anak raja Selayar. Pulau ini berada 70 kilometer arah barat dari kota Sumbawa Besar.

Untuk menuju Pulau Bungin bisa lewat darat dan laut. Jika lewat laut,  harus menyeberangi laut dari pelabuhan Desa Alas dengan perahu yang bermuatan 10 - 15 orang penumpang ongkosnya  Rp 5.000 untuk orang dewasa, dan Rp 2.500 untuk anak-anak. Tapi kalau mau  lewat  jalur darat bisa  langsung menuju Pulau Bungin dengan mobil atau motor.

Ada Kambing Makan Uang Di Pulau Unik Bungin
gambar: travel.kompas

Pulau buatan itu merupakan pulau terpadat di dunia, memiliki  luas 8,5 hektar dengan jumlah penduduk 3.400 jiwa menyebabkan  Pulau unik Bungin ga punya garis pantai, soalnya  sepanjang pesisir pulaunya semuanya  dibangun menjadi tempat tinggal. Hampir ga ada lahan kosong ada satu lahan terbuka yang luas di Bungin adalah halaman Masjid setempat. Semakin hari semakin padat rata rata satu tahun ada sepuluh rumah baru, Ini karena warga Bungin sangat mencintai tempat lahir mereka jadi pada malas merantau.

Ada Kambing Makan Uang Di Pulau Unik Bungin
gambar: depoknews.id

Saking padatnya di ga ada tumbuhan di Pulau yang sudah  ditetapkan  Pemerintah Kabupaten Sumbawa sebagai tujuan wisata, alhasil ternak disana makan apa aja yang ada seperti kertas, sampah, pakaian,  fenomena ada kambing makan uang di pulau Bungin sudah biasa menurut Sofian kepala Desa setempat "Saya tidak membual soal cerita kambing makan uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000. Kalau ada orang yang mencoba memberikan uang akan langsung dimakan dengan lahap. Jika uang kita jatuh dan tidak cepat diambil , maka akan direbut dan dimakan kambing piaraan warga," kata Sofian dikutip dari antarantb.com 


Ada Kambing Makan Uang Di Pulau Unik Bungin
gambar: lomboktoday.co.id

Kambing makan uang sering jadi masalah warga yang merasa uangnya dimakan kambing suka datang ke kantor desa menuntut uangnya diganti apalagi kalau uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000, ga jarang jadi pertengkaran antar warga. Pemilik kambing harus mengganti uang itu daripada kambingnya yang diambil. Selain uang kambing ini juga doyan makan jala,  soalnya mayoritas warga Pulau Bungin bekerja sebagai nelayan untuk mencegahnya mereka menjemur jala yang habis dipakai ditempat yang ga bisa terjangkau kambing.  Bentuk tubuh kambing – kambing disana memang aneh. perut kambing disana besar, tetapi ke empat kakinya sangat kurus.

Ada Kambing Makan Uang Di Pulau Unik Bungin
gambar: duaransel.com

Ada ada aja yah tapi itu adalah keunikan Pulau bungin yang ga ada ditempat lain,  hal ini juga salah satu yang mengundang turis lokal dan mancanegara berkunjung disana juga ada upacara Toyah, yaitu bayi dipangku 7 perempuan secara bergantian yang duduk di atas ayunan. Ayunan diibaratkan seperti gelombang lautan yang akan dihadapi sang anak saat besar nanti ketika menjadi pelaut. Dari  kecil, anak-anak Bungin sudah  bermain di lautan dan menyelam untuk berburu ikan, salah satunya ikan hias yang biasa mereka jual.

10 Responses to "Ada Kambing Makan Uang Di Pulau Unik Bungin"

  1. mungkin kambing'a tau itu uang kertas dibuatnya dari pohon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha tapi tau ga ya rupiah lg terpuruk ha ha

      Delete
  2. Kasian kambingnya, harus hidup di tempat yang seperti itu...Tapi anehnya kenapa kambingnya masih sehat sehat ya.. Ajaib

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mungkin kambing melakukan proses adaptasi lingkungan mas, kaya ada pelajaran Biologi SMP ya he he

      Delete
  3. kirain cuman manusia aja yang doyan duit ternyata kambing juga doyan toh heheh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha bisa aja mas achmad

      Delete
  4. Pulaunya unik banget ya.. Bukan cuma kambingnya yang unik

    ReplyDelete
    Replies
    1. gmn dagingnya ya mas kalo makan uang

      Delete
  5. wah dikira dideket bogor gak taunya di sumbawa... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di Bogor kambingnya makan rumput pinggir tol Jagorawi mas

      Delete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain