Hati Hati Terlalu Bergantung Kepada Komputer Mengurangi Kemampuan Otak

Di zaman sekarang bila Anda tidak mengerti komputer dibilang ketinggalan zaman, kuno alias gaptek. Begitupun di dunia kerja semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer, iklan lowongan pekerjaan pasti ada kata "Dapat mengoperasikan komputer" soalnya salah satu fungsi komputer adalah sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan. Namun belakangan ada kajian dari Universitas Birmingham, Inggris, bahwa ketergantungan kepada komputer dapat mengurangi kemampuan otak membentuk ingatan jangka panjang.

Hati Hati Terlalu Bergantung Kepada Komputer Mengurangi Kemampuan Otak

Menurut Maria peneleiti dari Universitas Birmingham, kebiasaan mengingat 6.000 orang dewasa di negara Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda dan Luksemburg, menyatakan lebih dari sepertiga dari seluruh responden akan langsung membuka komputer untuk mengingat atau mencari informasi secara online,  Akibatnya responden banyak yang lupa nomer telepon kantor mereka karena otak mereka tidak terbiasa menyimpan ingatan.

Hati Hati Terlalu Bergantung Kepada Komputer Mengurangi Kemampuan Otak

Tapi kalau menurut saya itu semua kembali kepada pribadi masing masing dengan hadirnya komputer yang terkoneksi pada internet membantu mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui sebelumnya, ya mungkin menjadi kurang baik seperti sebagian responden di Eropa yang lupa nomor kantor karena mereka pikir bisa mengetahui melalui mesin pencari, sehingga memori otak mereka tidak terasah.

Dan yang lebih utama kita harus tetap bersosialisasi di dunia nyata soalnya kadang kita setiap hari selalu berinteraksi melalui sosial media seperti instagram, facebook, twitter, G plus, sementara aktifitas dengan lingkungan sekitar rumah terabaikan.

2 Responses to "Hati Hati Terlalu Bergantung Kepada Komputer Mengurangi Kemampuan Otak"

  1. Wah iya nih mbak, saya juga sempet berfikir kayak gitu waktu itu..
    enak cari info di perpustakaan / toko buku sih mbak :D Hehe

    ReplyDelete
  2. Semua yang berlebihan memang tidak baik, harus break sekali2.

    ReplyDelete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain