Dampak Kemarau Situ Cilodong Mengering

bogorbrota - Kemarau panjang 2015 masih belum berakhir walaupun beberapa waktu lalu Bogor sempat diguyur hujan kecil, tapi belakangan hujan tidak ada lagi tentu hal ini membuat air sulit didapat. Banyak sumur bor warga menjadi kering dan harus menggali lebih dalam lagi. Seperti halnya Danau,Setu atau Situ Cilodong menegering akibat dampak kemarau.

Secara administratif situ Cilodong berada di kel.Kalibaru Kecamatan Sukmajaya, Depok, tapi secara lokasi dekat dengan pemerintahan Kabupaten Bogor. Situ Cilodong  merupakan tempat penampung air hujan dan cadangan air untuk musim kemarau. Situ seluas 10 hektare itu juga menjadi sumber air bagi warga Cilodong selain itu situ ini biasa dijadikan tempat wisata murah dan memancing gratis oleh warga karena memiliki banyak jenis ikan air tawar.

Dampak Kemarau Situ Cilodong MengeringSetiap tanggal 17 Agustus ada acara rutin memperingati HUT RI, biasanya digelar acara Ngubek atau mengaduk Setu. Ribuan pengunjung turun ke situ Cilodong untuk menangkap ikan dengan beragam cara. Seru luar biasa karena beragam cara dipakai warga untuk membawa pulang isi setu. Pesta rakyat ini membuat antusias wisata warga Bogor dan Depok. Namun sekarang Situ Cilodong kondisinya tidak tampak seperti resapan air melainkan seperti lapangan bola.

Dampak Kemarau Situ Cilodong Mengering

Tapi walau sedang mengalami kekeringan situ cibinong tetap banyak yang mengunjungi karena terbilang cukup lengkap untuk wisata murah seperti jalan yang sudah di aspal mengelilingi situ, jajanan murah  seperti warung indomie juga tersedia, dan bagi yang membawa anak dapat terhibur dengan adanya mainan anak, pengganti bebek bebekan atau sepeda air yang tidak bisa beroperasi.

1 Response to "Dampak Kemarau Situ Cilodong Mengering"

  1. Anonymous8:49 PM

    baru tahu kalau di daerah bogor ada situ cilodong ...
    ... musim kemarau panjang ini .. tidak hanya situ .. sungai2 besar juga banyak yang menegring ..

    ReplyDelete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain