Cara Mengubah File PDF ke Word - Online dan Offline

Beberapa waktu lalau saya memilik satu file PDF yang dulu pernah dibuat menggunakan aplikasi Foxit Reader, tapi karena ingin mengedit mau tidak mau harus mengubah file PDF tersebut ke MS Word terlebih dahulu karena saya tidak memiliki aplikasi berbayar yang dapat digunakan untuk edit PDF seperti Adobe Acrobat Pro atau MS Offfice 2013 dan 2016 yang sudah dapat langsung dipakai untuk membuka dan edit PDF.

Setelah mencari di internet ternyata ada banyak cara untuk convert PDF ke word tanpa software atau online maupun dengan bantuan aplikasi gratis seperti UniPDF yang konon kabarnya salah satu software PDF to Word converter terbaik.

Supaya saya tidak lupa dan itung-itung berbagi pengalaman dalam mengubah dokumen pdf menjadi file MS Word sehingga bisa diedit kembali maka sengaja saya tulis artikel ini.

Cara Convert File PDF ke MS Word Online

Ada banyak situs online yang menyediakan layanan sejenis dan setelah mencari refernsi berikut ini adalah yang terbaik, karena kita tidak perlu melakukan registrasi yang merepotkan dan file yang dihasilkan pun bisa langsung kita download atau simpan di penyimpanan cloud seperti Google Drive dan DropBox.

1. Smallpdf PDF to Word Converter Online
Salah satu situs yang menyediakan berbagai layanan yang berhubungan dengan PDF, tidak hanya convert ke word tetapi masih ada banyak layanan lain seperti mengecilkan ukuran PDF dan masih banyak lagi dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  • Buka halaman ini http://smallpdf.com/pdf-to-word
  • Kemudian upload file yang ingin diubah dengan cara klik Choose File, atau bisa dari komputer atau dari DropBox dan juga Google Drive, dalam contoh kali ini saya akan mengupload dari komputer.
    Convert PDF ke Word Online
  • Tunggu sampai file yang kamu pilih sukses ter-upload 100% kemudian proses convert akan otomatis berjalan.
  • Setelah selesai, kamu bisa langsung download ke PC dengan cara klik Download File atau menyimpannya ke DropBox.
Smallpdf menawarkan layanan convert pdf ke word gratis, mudah dan cepat namun salah satu kekurangannya adalah hanya menyediakan file word format DOCX bukan DOC.

2. Convert PDF to DOC dan PDF to DOCX Dengan Convertonlinefree
Nah situs yang satu ini lebih lengkap lagi karena menawarkan dua opsi format Word yaitu doc, dan docx sehingga cocok bagi kamu yang masih menggunakan Office 2003 kebawah.

convertonlinefree.com dapat digunakan untuk mengubah file PDF ke DOC maupun DOCX dengan ukuran maksimal file yang dapat diupload sampai 50MB, dan berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Kunjungi halaman ini.
  • Selanjutnya tentukan format dokumen word yang ingin kamu hasilkan dengan memilih tab PDF to Doc atau PDF to Docx.
  • Upload dokumen yang ingin diubah dengan cara klik tombol Browse lalu setelah sukses ter-upload klik Convert dan tunggu sampai proses converting selesai.
  • Setelah proses selesai maka akan muncul pop up untuk mendownload file yang dihasilkan, klik OK untuk menyimpan ke PC.
    Convert PDF to DOC dan PDF to DOCX Dengan Convertonlinefree

Cara Mengubah PDF ke Word Dengan Software UniPDF

Cara lain selain online kita juga bisa menggunakan software gratis yaitu unipdf, aplikasi ini mudah digunakan dan dapat dipakai untuk merubah dokumen PDF ke MS Word (doc) dengan mudah dan cepat, salah satu kelebihan menggunakan software ini adalah kita tidak perlu lagi koneksi internet saat akan melakukan proses convert, berikut adalah caranya :
  • Download dan install aplikasinya kemudian jalankan.
  • Pilih file yang ingin diubah dengan cara klik Add, jangan lupa dibagian ouput format pilih Word, lihat tanda panah pada gambar dibawah.
    Cara Mengubah PDF ke Word Dengan Software UniPDF
  • Terakhir klik tombol Convert dan tunggu sampai selesai.
  • Setelah selesai maka akan muncul pop up seperti berikut ini. Pilih Open output file path - OK untuk membuka lokasi folder dimana file doc tersebut disimpan.
    Cara Mengubah PDF ke Word
Jika kamu bingung atau tidak tahu dimana lokasi penyimpanan file hasil convert, caranya klik Tab Settings lalu lihat bagian Save path disitu ada keterangan lokasi folder tempat menyimpannya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pilih ketika ingin mengubah atau convert PDF ke word (doc atau docx), secara gratis dan mudah. Jika kamu punya cara lain atau situs lainnya silahkan berbagi karena baru 3 cara diatas yang pernah saya coba dan belum membandingkan dengan layanan lain.

15 Responses to "Cara Mengubah File PDF ke Word - Online dan Offline"

  1. kalo yg online sering pake

    offline nya kebetulan belum punya, coba donlod

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga eh silahkan om cremchild

      Delete
    2. nah sama ini kaya si wong hehe, sering make yang online

      Delete
  2. Langkah-langkahnya jelas ya.. Kalo dipraktekan pasti mudah tuh ya... hehehehehehehehehehe :)

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat banget nih, kebetulan saya juga seneng donlot ebook :)

    ReplyDelete
  4. mungkin lebih enak yang offline, jadi lebih selalu siap di komputer kapanpun mau digunakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul mas offline paling enak hemat kuota pula he he

      Delete
  5. Sering banget baca info nya tapi begitu mempraktrekan karna ada kebutuhan langsung dech buntuh lupa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko penyakit mas cumlebay sama kaya saya sih efek kebanyakan jaln jalan nih

      Delete
    2. Sekarang ngak tau dan besok lupa hahaha

      Delete
  6. Anonymous11:29 AM

    kayaknya ini lebih mudah cara kerjanya dibanding cara kerja online converter lainnya...saya pelajari dulu ya gan...makasih sudah berbagi. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga mbah makasih mau mampir silahkan dipelajari semoga bermanfaat

      Delete
  7. simpel yah, lebih mudah penggunaannya, gue cuma pernah convert pdf online ini cuma buat buka gemboknya biar bisa di print~ untuk offline gue masi pake nitro pdf..
    kalo ini gratis yah, boleh-boleh...

    ReplyDelete

Termakasih Telah Berkunjung, Semua komentar akan muncul setelah di moderasi untuk mengurangi komentar spam atau menghina pihak lain